Sistem Multimedia
Definisi Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media.
"multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang digunakan
untuk menyampaikan informasi atau pesan.
Jadi Multimedia dapat diartikan :
“penggunaan media yang menyajikan gabungan dari berbagai
elemen informasi seperti ; teks, audio, gambar, animasi, video, maupun grafik
yang bertujuan menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan kepada
pengguna.”
Dalam aspek yang berhubungan dengan Teknologi Informasi,
Multimedia memiliki arti :
“penggunaan beberapa media yang ada di dalam komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, audio, gambar, animasi dan video dengan alat
bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi.”
Definisi Multimedia Menurut Para Ahli
1.
Menurut Rosch, 1996 : Multimedia adalah
kombinasi dari komputer dan video.
2.
Menurut Mc.Comick, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar
dan text.
3.
Menurut Robin dan Linda, 2001 : Multimedia
adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
4.
Menurut Hoftsetter, 2001 : Multimedia dalam
konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai
dapat berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
5.
Menurut Turban dan kawan-kawan, 2002 :
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output.
Media ini dapat berupa audio (suara atau musik), animasi, video, teks, grafik
dan gambar.
6.
Menurut Wahono (2007) : Multimedia adalah perpaduan
antara teks,grafik,audio,animasi,dan video untuk menyampaikan pesan ke publik.
7.
Menurut Zeembry (2008) : Multimedia merupakan
media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data.
Definisi Sistem Multimedia
Sistem Multimedia adalah suatu sistem yang dapat mendukung
secara terintegrasi penyimpanan, transmisi dan representasi sejumlah media
digital berupa text, grafik, gambar, audio dan video melalui komputer.
Suatu sistem bisa dikatakan Sistem Multimedia apabila:
·
Adanya kombinasi media : yaitu jika kedua jenis
media (continuous/ Discrete) dipakai. Contoh media diskrit :
teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
·
Adanya Independensi / Kemandirian dalam suatu
sistem : yaitu Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan
antar media tersebut.
·
Komputer yang terintegrasi : Sistem harus dapat
melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh
system programmer / user.
Struktur Multimedia
•
Multimedia linear adalah suatu struktur
multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial atau berurutan,
dengan kata lain pengguna hanya akan menjadi penikmat / penonton atas apa yang
disajikan. contohnya TV, majalah, radio, dsb .
•
Multimedia interaktif adalah suatu struktur
multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh
pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses
selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran,
aplikasi game, dsb.
Sistem Multimedia Dapat Dibagi Menjadi:
·
Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal
storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse,
scanner, mic), dan output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
·
Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang
besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap
sumber daya yang sama.
Contoh: video converence dan video
broadcast.
Permasalahan:
bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah
infrastruktur yang belum siap.
Manfaat Multimedia
1.
Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis digunakan dalam presentasi, pemasaran,
demonstrasi produk, katalog, maupun komunikasi jaringan.
2.
Pusat Pendidikan
Fasilitas internet amat berguna untuk mencari bahan-bahan pendukung
pembelajaran, merekam suara dosen sewaktu mengajar sehingga bisa mengulang
pelajaran di rumah, pengiriman hasil tugas melalui email langsung ke mailbox
guru yang bersangkutan.
3.
Tempat umum
Penggunaan sistem multimedia yang terdapat di stasiun, pusat
perbelanjaan, museum, toko-toko, maupun di tempat umum lainnya biasanya berupa
suatu bar yang memberikan informasi atau bantuan.
4.
Bidang Kesehatan
Mempermudah pekerjaan Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien
seperti melihat detak jantung, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X melalui monitor komputer.
5.
Pengiriman Informasi
Dengan adanya teknologi multimedia, teknologi informasi yang mendukung
dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat atau
mengetahui suatu informasi, cukup lewat email atau media online lainnya, proses
akan lebih cepat.
6.
Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi
dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi
didesain dan diperhitungkan menggunakan program seperti CAD, SAP2000 atau STAD
III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7.
Bidang Industri Perfilman
Semua
kegiatan di dunia akting mulai dari penyootingan adegan film semua direkam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya pun
dikembangkan menggunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Metode Penyajian Multimedia
Menurut Green & Brown (2002) menjelaskan, terdapat
beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
·
Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku,
majalah, brosur.
·
Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide
shows, transparasi.
·
Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD
Players, tape recorder, radio.
·
Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based),
contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
·
Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh:
komputer.
Pengaruh Multimedia
•
Mengubah tempat kerja. Dengan adanya
teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
•
Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping
dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan
sendirinya.
•
Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis
telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank
menggunakan cara online-banking.
•
Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang
mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.
Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan,
belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
•
Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan
computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
•
Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan
televisi dan radio.
Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terdiri dari beberapa
komponen, berikut komponen – komponen yang ada pada Multimedia diantaranya
adalah:
1.
Teks
Teks merupakan komponen multimedia yang menjadi dasar dari pengelohan
kata yang berguna untuk menyampaikan informasi.
2.
Audio
Audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice
record ataupun efek–efek suara lainnya. Penyajian audio merupakan cara lain
untuk memperjelas pengertian suatu informasi.
Misalnya narasi, berguna untuk memperjelas informasi yang ingin
disampaikan melalui gerakan gambar atau video.
Audio memiliki berbagai macam format, diantaranya MP3, AAC, AIFF, wav,
ogg, wma, dan lain-lain.
3.
Gambar
Gambar atau grafik merupakan bagian yang penting Sebab sebuah gambar,
pesan-pesan dapat kita ungkapkan dengan lebih mudah dan indah.
4.
Video
Video teknologi memproses gambar
bergerak. Video terdiri atas live-video dan full-motion. Live-video merupakan
hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera, sedangkan Full-motion video
berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip.
5.
Animasi
Animasi dibuat dengan menggambar secara manual tiap frame per frame
selama durasi animasi tersebut, untuk membuat ilusi gerakan.
Pergantian frame terus menerus ini membutuhkan kira-kira 25 frame
tiap-detik (untuk animasi dengan kualitas standar).
6.
Interaktive Link
Interaktif link diperlukan guna menggabungkan elemen-elemen multimedia
sehingga menjadi informasi yang terpadu. Dimana pengguna bisa menekan mouse
atau objek pada screen seperti button atau teks dan menyebabkan program
melakukan perintah tertentu.
Interaktive link dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni :
·
Struktur Linear : struktur menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna.
·
Struktur Non-Linear : struktur yang terdiri dari
berbagai macam pilihan kepada pengguna.
Desain Sistem Multimedia
1.
Dalam mendesain suatu sistem media, terdapat
tiga hal pokok yang harus dipertimbangkan, yaitu:
o
Media yang paling tepat untuk suatu task
o
Lingkungan yang tepat untuk media tersebut
o
Efek yang diharapkan dengan mengkombinasikan
media-media tersebut
2.
Memilih media yang tepat dalam desain multimedia
Gunakan media audio jika:
o
Informasi sederhana
o
Informasi pendek
o
Informasi hanya dibutuhkan saat itu
o
Informasi berisi event dalam waktu
o
Informasi yang dibawakan membutuhkan respon
langsung
o
Sistem visual dari manusia terlalu sibuk
o
Lokasi terlalu gelap atau terlalu terang
o
Manusia harus terus bergerak dalam melakukan
tugasnya
3.
Gunakan media visual jika:
o
Informasi kompleks
o
Informasi panjang
o
Informasi masih dibutuhkan beberapa saat
kemudian
o
Informasi berisi lokasi dalam ruang
o
Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan
respon langsung
o
Sistem audio dari manusia terlalu sibuk
o
Lokasi terlalu bising
o
Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu
dalam melakukan tugasnya.
Berbagai Aplikasi Multimedia
1.
Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi:
o
Presentasi , company profile
o
Pemasaran (Telemarketing)
o
Periklanan
o
Demo produk
o
Katalog dll
2.
Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi
o
Tutorial
o
Simulasi dan pelatihan
o
E-Learning dll
3.
Aplikasi Multimedia dalam Hiburan meliputi
o
Games; virtual game, virtual driving
o
Film : animasi
o
Olah raga dan hobi
o
Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses
data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita,
entertaintment, film, musik, dll)
4.
Aplikasi kepentingan publik atau institusi
o
Militer
o
Pariwisata
o
Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll
Sumber :
https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-pengertian-multimedia/
http://kelompok6pti2016.blogspot.com/
http://thommyhadijaya888.blogspot.com/2013/10/pengantar-sistem-multimedia_12.html
Sistem Multimedia
Reviewed by Sharon Excelli
on
Desember 10, 2019
Rating:
Tidak ada komentar: